Langsung ke konten utama

Cerita Kepemimpinan dalam agama hindu (Kisah Yudistira)

        Cerita Kepemimpinan Yudhistira Pada  suatu hari, Pandu mengutarakan niatnya  ingin  memiliki  anak.  Kunti yang  menguasai  mantra  Adityahredaya, atas  anugerah  rsi  Durvasa segera  mewujudkan  keinginan  suaminya  tesebut.  Mantra  tersebut adalah  ilmu  untuk  pemanggil  dewa  untuk  mendapatkan  putera. 





        Dengan  menggunakan  mantra  itu, Kunti  berhasil  mendatangkan  Dewa Dharma.  Kunti  pun  mendapatkan anugerah  putera  darinya  tanpa  melalui hubungan badan. Putra tersebut diberi nama Yudhistira. 

        Dengan demikian, Yudhistira menjadi putera sulung Pandu, sebagai hasil pemberian  Dharma,  yaitu  dewa  keadilan  dan  kebijaksanaan.  Sifat  Dharma itulah yang kemudian diwarisi oleh Yudhistira sepanjang hidupnya. Yudhistira alias  Dharmawangsa,  merupakan  seorang  raja  yang  memerintah  kerajaan Kuru,  dengan  pusat  pemerintahan  di  Hastinapura.  Ia  adalah  yang  tertua  di antara lima Pandawa, atau para putra Pandu. Nama Yudhistira dalam bahasa Sanskerta bermakna “teguh atau kokoh dalam peperangan.” Ia juga dikenal dengan sebutan Dharmaraja, yang bermakna “Raja Dharma,” karena ia selalu berusaha menegakkan dharma sepanjang hidup-nya. Delapan nama Yudhistira atau julukan yang dikenal dalam cerita adalah sebagai berikut:

1. Ajatasatru,yaitu tidak memiliki musuh.

2. Bharata,ialah keturunan Maharaja Bharata.

3. Dharmawangsaatau Dharmaputra, “keturunan Dewa Dharma.”

4. Kurumukhya, “pemuka bangsa Kuru.”

5. Kurunandana, “kesayangan Dinasti Kuru.”

6. Kurupati, “raja Dinasti Kuru.”

7. Pandawa, “putra Pandu”.

8. Partha, “putra Prita atau Kunti”.

Selain  delapan  nama  julukan  tersebut,  ada  empat  nama  julukan  yang dikenal dalam cerita pewayangan antara lain:

1.  Puntadewa, “derajat keluhurannya setara para dewa,”

2. Yudhistira, “pandai memerangi nafsu pribadi,”

3. Gunatalikrama, “pandai bertutur bahasa,”

4. Samiaji,“menghormati orang lain bagai diri sendiri.”

        Selanjutnya, terjadi pernikahan antara Pandawa dengan Drupadi. Setelah itu  para  Pandawa  kembali  ke  Hastinapura  dan  memperoleh  sambutan  luar biasa, kecuali dari pihak Duryodana. Persaingan antara Pandawa dan Korawa atas tahta Hastinapura kembali terjadi. Para sesepuh akhirnya sepakat untuk memberi Pandawa sebagian dari wilayah kerajaan tersebut. Korawa yang licik mendapatkan  Istana  Hastinapura,  sedangkan  Pandawa  mendapatkan  hutan Kandawaprastha sebagai tempat untuk membangun istana baru. Meskipun daerah tersebut sangat gersang dan angker, namun para Pandawa mau menerima wilayah tersebut. Selain wilayahnya yang luas hampir setengah wilayah Kerajaan Kuru, Kandawaprastha juga merupakan ibu kota Kerajaan Kuru yang dulu, sebelum Hastinapura. Para Pandawa dibantu sepupu mereka, yaitu Kresna dan Baladewa berhasil membuka Kandawaprastha menjadi pemukiman baru.

    Para Pandawa kemudian memperoleh bantuan dari Wiswakarma, yaitu ahli bangunan dari kahyangan, dan juga  Anggaraparnadari Bangsa Gandharwa. Dengan bantuan tersebut, sehingga terciptalah sebuah istana megah dan indah bernama  Indraprastha,  yang  bermakna  “Kota  Dewa  Indra”.  Dalam  versi pewayangan Jawa, nama Indraprastha lebih terkenal dengan sebutan Kerajaan Amarta. Menurut versi ini, hutan yang dibuka para Pandawa bukan bernama Kandawaprastha, melainkan bernama Wanamarta. Versi Jawa mengisahkan, setelah  sayembara  Dropadi,  para  Pandawa  tidak  kembali  ke  Hastinapura melainkan  menuju  kerajaan  Wirata,  tempat  kerabat  mereka  yang  bernama Prabu  Matsyapati  berkuasa.  Matsyapati  yang  bersimpati  pada  pengalaman Pandawa  menyarankan  agar  mereka  membuka  kawasan  hutan  tak  bertuan bernama Wanamarta menjadi sebuah kerajaan baru. Hutan Wanamarta dihuni oleh berbagai makhluk halus. 

        Pekerjaan  Pandawa  dalam  membuka  hutan  tersebut  mengalami  banyak rintangan. Akhirnya  setelah  melalui  suatu  percakapan,  para  makhluk  halus merelakan  Wanamarta  kepada  para  Pandawa.  Prabu  Yudhistira  kemudian memindahkan istana Amarta dari alam jin ke alam nyata untuk dihuni para Pandawa. Setelah itu, ia dan keempat adiknya menghilang. Salah satu versi menyebut kelimanya masing-masing menyatu ke dalam diri lima Pandawa. Puntadewa kemudian menjadi Raja Amarta setelah didesak dan dipaksa oleh keempat  adiknya.  Untuk  mengenang  dan  menghormati  raja  jin  yang  telah memberinya istana, Puntadewa pun memakai gelar Prabu Yudhistira. 

        Setelah menjadi Raja Amarta, Puntadewa atau Yudhistira berusaha keras untuk  memakmurkan  negaranya.  Konon  terdengar  berita  bahwa  barang siapa yang dapat menikahi puteri Kerajaan Slagahima yang bernama Dewi Kuntulwinanten,  maka  negeri  tempat  ia  tinggal  akan  menjadi  makmur  dan sejahtera.  Puntadewa  sendiri  telah  memutuskan  untuk  memiliki  seorang 

istri  saja.  Namun  karena  Dropadi  mengizinkannya  menikah  lagi  demi  kemakmuran negara, maka ia pun berangkat menuju Kerajaan Slagahima. Di istana  Slagahima  telah  berkumpul  sekian  banyak  raja  dan  pangeran  yang datang  melamar  Kuntulwinanten.  Namun  sang  puteri  hanya  sudi  menikah dengan  seseorang  yang  berhati  suci,  dan  ia  menemukan  kriteria  itu  dalam diri  Puntadewa.  Kemudian  Kuntulwinanten  tiba-tiba  musnah  dan  menyatu ke  dalam  diri  Puntadewa.  Sebenarnya  Kuntulwinanten bukan  manusia  asli, melainkan wujud penjelmaan anugerah dewata untuk seorang raja adil yang hanya memikirkan kesejahteraan negaranya (Subramanyam, 2007). 

        Dari  cerita  di  atas,  kita  dapat  melihat  bahwa Yudhistira  adalah  seorang pemimpin  yang  mengutamakan  kepentingan  umum.  Yudhistira  merupakan salah satu dari sedikit Raja yang mendapatkan gelar Maharaja, yaitu rajanya para raja. Gelar ini diperoleh setelah saudaranya, Bima, berhasil menaklukan Maharaja Jasaranda dalam duel sengit. Yudhistira dapat dikatakan jarang ikut turun dalam medan laga dibanding saudara-saudaranya, namun kemampuannya dalam memimpin pemerintahan tidak diragukan lagi. Indraprasta kerajaan yang dipimpinnya  (setelah  Destarata  membagi  Hastinapura  menjadi  dua  bagian untuk Pandawa dan Kurawa), menjadi negeri yang melimpah kekayaannya. Yudhistira  memiliki  kemampuan,  pemikiran,  dan  perencanaan  yang  sangat baik  dalam  membangun  pemerintahan  maupun  strategi  perang.  Yudhistira juga  seorang  yang  berpikir  singkat  namun  pemikirannya  tersebut  memiliki efek jangka panjang. Hal ini tak lepas dari segala pengetahuan yang sangat luas yang dimiliki olehnya.


#agamahindu

#yudistira

#mahabharata

#materiagamahindu

#penyuluhagamahindu

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peresmian dan Launching Rumah Produksi BPH: Tonggak Baru Penyiaran Hindu di Era Digital

 Jakarta, 15 Oktober 2024 – Badan Penyiaran Hindu (BPH) mencatat sejarah baru dengan meresmikan dan meluncurkan Rumah Produksi BPH, sebagai bagian dari upaya mengembangkan media penyiaran yang berlandaskan nilai-nilai agama Hindu. Kegiatan peresmian ini berlangsung khidmat di Jakarta Selatan, dihadiri oleh sejumlah tokoh agama dan pemangku kepentingan umat Hindu. Dokumentasi Acara Peresmian tersebut diawali dengan sambutan dari Dr. I Wayan Kantun Mandara, Ketua BPH dan juga tokoh terkemuka di Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Pusat. Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya keberadaan rumah produksi ini sebagai sarana untuk menyebarkan ajaran dharma melalui media yang inovatif. "Rumah Produksi BPH ini akan menjadi pusat bagi kita untuk menciptakan konten yang tidak hanya mendidik tetapi juga mampu menginspirasi umat Hindu dalam menjalankan nilai-nilai agama di tengah tantangan zaman modern," ujar Dr. I Wayan Kantun Mandara. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan sam

Karya Anugerah Mahottama Award 2024

Jakarta, 22 Oktober 2024. Dirjen Bimas Hindu Kementerian Agama Melaksanakan kegiatan Karya Anugerah Mahottama Award 2024. Dengan menghadirkan seluruh Pembimas di seluruh Indonesia, Para penyuluh Yang terdiri dari PNS, PPPK dan Penyuluh Agama Hindu Non PNS. Acara ini tidak hanya bertujuan untuk memberikan penghargaan, tetapi juga sebagai motivasi bagi kita semua, khususnya umat Hindu, untuk terus berinovasi dan berkontribusi dalam bidang agama, budaya, pendidikan, dan sosial. Saya sangat bangga melihat semangat, kreativitas, dan komitmen yang ditunjukkan oleh para penerima penghargaan tahun ini. Dokumentasi Kegiatan Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya ingin menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah berperan dalam menyelenggarakan acara ini. Keberhasilan acara Karya Anugerah Mahottama Award 2024 adalah hasil dari kerja sama dan sinergi yang luar biasa antara pemerintah, tokoh agama, dan seluruh umat Hindu. Kemudian Sekum Made Widiarta menyampaikan

Materi Tri Guna dalam Diri SMP Kelas VIII Agama Hindu

         (Dokumentasi Penyuluhan di Pura Aditya Jaya rawamangun) Manusia sejak lahir memiliki tiga sifat dasar. Ketiga sifat dasar manusia tersebut tidak dapat dipisah-pisahkan. Sifat dasar manusia yang satu dengan yang lain selalu bergejolak untuk saling mengalahkan. Sifat dasar manusia tertuang dalam kitab-kitab suci agama Hindu.  Pustaka suci Bhagavad-gītā , XVIII.40 menyatakan bahwa:  na tad asti prthivyām vā divi devesu vā punah sattvam  prakrti-jair muktam yad ebhih syāt tribhir gunaih. Artinya: Tiada makhluk yang hidup, baik di sini maupun di kalangan para deva di susunan planet yang lebih tinggi, yang bebas dari tiga sifat tersebut yang dilahirkan dari alam material. Terjemahan sloka di atas, dapat dijelaskan bahwa, setiap makhluk hidup baik manusia maupun deva tidak ada yang luput dari tri guna. Hal ini disebabkan karena setiap makhluk yang terbentuk oleh unsur material dipengaruhi oleh Tri Guna. Pustaka suci Bhagavad-gītā XVIII.60 menyatakan ba