ASN dan Nilai-nilai Dharma Negara dalam Hindu

Gambar
        ASN adalah salah suatu pekerjaan yang didambakan bagi sebagian masyarakat Indonesia. Tak terkecuali generasi muda Hindu yang turut berpartisipasi dalam mengabdi pada bangsa dan negara. Sehingga perlu untuk melampirkan tulisan ini sebagai bentuk syukur atas waranugraha dan kesempatan yang baik dalam melaksanakan karma dan bhakti sebagai manusia.        Dalam pandangan Hindu, konsep Dharma tidak hanya mencakup aspek spiritual, tetapi juga memandang kehidupan sehari-hari, termasuk dalam urusan administrasi negara. Dharma Negara, atau tata pemerintahan yang diatur oleh prinsip-prinsip moral dan etika, menjadi landasan bagi ASN (Aparatur Sipil Negara) dalam menjalankan tugas-tugas mereka. Bagaimana pandangan Hindu menggambarkan ideal ASN sebagai penerapan nilai-nilai Dharma Negara?  (Dokumen Pribadi)           Dalam tradisi Hindu, Dharma mengacu pada kewajiban moral dan etika yang mengatur perilaku individu dalam berbagai aspek kehidupan. Dharma juga mencakup konsep tata tertib dan

Tugas-tugas seorang pemimpin (Aris Widodo)

 Tugas-Tugas Seorang Pemimpin


Umat se-dharma, perlu kita ketahui bahwa seorang dalam kehidupannya pasti ada katakater seorang pemimpin. Oleh karenan itu perlu digali dimana letak karakter yang bisa ditentukan karena dengan menggalinya niscaya akan didapatkan sifat karakter pemimpin.


Seorang pemimpin dilantik untuk mewujudkan kemakmuran dan memberikan perlindungan kepada warga negara (yang dipimpinnya). Seorang pemimpin dituntun senantiasa wasas diri, mengajukan kesejahteraan dan kemakmuran, bersikap hangat (ramah) kepada bawahannya, jeras terhadap kejahatan dan mampu menaklukkan musuh-musuhnya, perusuh, pelaku kejahatan dan pencuri.



Seorang pemimpin hendaknya senantiasa mengangkat harkat dan martabat bangsanya, memiliki keteguhan dan kemantapan  hati, dan senantiasa menjalankan kejujuran dalam memimpin. Oleh karena itu belajar dengan para dewa ini agar sifat-sifat pemimpin dapat dijalankan dengan benar dan bijak.


Agnim rayasposaya suprajastvaya

suviryaya


Yajur Veda XIII. 1


Artinya

Wahai pemimpin bagaikan api, dinobatkan untuk kemakmuran, perlindungan atas warga negara dan (sifat) kepahlawanan.


Ulasan

Bahwa dalam kehidupan di dunia ini selalu punya karakter yang yang berbeda-beda walaupun satu keluarga. Oleh karena itu hendaknya jangan melakukan hal-hal yang membuat kita meragukan kita sendiri.


Untuk itu karakter yang seharusnya dibamgun tentu merupakan sifat-sifat dari dewa-dewa, seperti dewa air, dewa baruna, dewa api, dewa bumi, dewa matahari, dewa candra, dan lain sebagainya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Stah Dharma Nusantara Jakarta Melaksanakan Kegiatan Pembinaan Pasraman

Kegiatan KKG dan MGMP di DKI Jakarta

Sejarah Singkat Desa Balinuraga, Kec. Way Panji, Kalianda, Lampung Selatan.