ASN dan Nilai-nilai Dharma Negara dalam Hindu

Gambar
        ASN adalah salah suatu pekerjaan yang didambakan bagi sebagian masyarakat Indonesia. Tak terkecuali generasi muda Hindu yang turut berpartisipasi dalam mengabdi pada bangsa dan negara. Sehingga perlu untuk melampirkan tulisan ini sebagai bentuk syukur atas waranugraha dan kesempatan yang baik dalam melaksanakan karma dan bhakti sebagai manusia.        Dalam pandangan Hindu, konsep Dharma tidak hanya mencakup aspek spiritual, tetapi juga memandang kehidupan sehari-hari, termasuk dalam urusan administrasi negara. Dharma Negara, atau tata pemerintahan yang diatur oleh prinsip-prinsip moral dan etika, menjadi landasan bagi ASN (Aparatur Sipil Negara) dalam menjalankan tugas-tugas mereka. Bagaimana pandangan Hindu menggambarkan ideal ASN sebagai penerapan nilai-nilai Dharma Negara?  (Dokumen Pribadi)           Dalam tradisi Hindu, Dharma mengacu pada kewajiban moral dan etika yang mengatur perilaku individu dalam berbagai aspek kehidupan. Dharma juga mencakup konsep tata tertib dan

Perkembangan pendidikan agama Hindu diketahui mulai sejak zaman Veda, dengan azas pendidikannya bersifat kekeluargaan.

 

S

ecara  historis,  perkembangan  pendidikan  agama  Hindu diketahui  mulai  sejak  zaman  Veda,  dengan  azas  pendidikannya  bersifat kekeluargaan. Curahan kasih sayang antara guru (acharya) dengan murid (sisya) melekat  bagaikan  anak  dengan  orang  tua.  Setiap  sisya  diharuskan  mentaati peraturan secara ketat. Perkembangan agama pada masa sebelumkemerdekaan, pendidikannya lebih banyak ditangani oleh tiga lembaga ideal, yakni guru wisesa (kelompok raja atau pemerintah), guru pengajian (guru spiritual), dan guru rupaka (orang  tua).  Selanjutnya  pada  zaman  sesudah  kemerdekaan,  pendidikan  agama Hindu  banyak  ditangani  oleh  yayasan-yayasan  seperti  Paruman  Para  Pandita, Majelis  Hinduisme,  Perhimpunan  Keluarga  Ketuhanan,  Yayasan  Dwijendra, Persatuan Keluarga Bujangga Wisnawa, Bali Dharma Yajna, Satya Hindu Dharma.

Sejak  tahun  1968  pendidikan  agama  Hindu  ditangani  di  sekolah-sekolah  seperti PGA  Hindu,  APGAH,  IHD,  STKIP  Agama  Hindu,  STHD,  dan  STAH  yang keberadaannya tersebar di beberapa daerah di Indonesia.

Menggali  landasan  sosiologis  pendidikan  agama  Hindu,  adalah  mengkaji  arah pendidikan dalam pembinaannya kepada mahasiswa untuk belajar hidup bersama di  dalam  masyarakat  dan  menyelidiki  ikatan-ikatan  antara  manusia  yang menguasai  hidupnya.  Manusia,  menurut  kodratnya,  adalah  sebagai  makhluk  individu  dan  makhluk  sosial.  Ciri  manus ia  sebagai  makhluk  sosial  adalah membutuhkan  kasih  sayang  dari  lingkungannya  seperti  diterima,  dihormati, dikasihi,  dihargai  sebagaimana  mestinya,  dibela  dan  sebagainya.  Pengamalan agama  yang  ditujukan  kepada  orang  lain  adalah  pengamalan  dalam  bentuk memperlakukan  orang  sebagai  manusia  yang  bermartabat  ciptaan  Tuhan.

Perlakuan  seperti  itu  akan  rnenggugah  sifat-sifat  baik  yang  dimiliki  oleh  setiap orang. Karena setiap orang memiliki potensi untuk baik dan juga untuk buruk (Dewi Sampad dan asuri sampad).

Politik berarti proses pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat yang  berwujud  proses  pembuatan  keputusan,  khususnya  dalam  negara.  Politik sangat  berkaitan  dengan  tugas  suatu  negara  dalam  menciptakan  kemajuan pendidikan  dan  melindungi  kesejahteraan,  mendorong  kemajuan  ekonomi,  dan menegakkan  dharma.  Semua  ini  dapat  dicapai,  jika  ketertiban  dan  stabilitas terjaga.  Stabilitas  suatu  negara  didukung  oleh  keadilan  dalam  pemerataan pendidikan,  mendistribusikan  kemakmuran,  dan  usaha  melipatgandakan kemakmuran  negara.  Pendidikan  agama  Hindu  ialah  pendidikan  yang  menuju

kepada pembentukan manusia seutuhnya, yaitu berkarakter, cakap, berbudi pekerti luhur,  mandiri,  bertanggung  jawab,  sehat ,  dan  sejahtera  lahir  batin,  Tujuan pendidikan  mengacu   kepada  tujuan  politik  ideologi  bangsa,  sebagaimana diamanatkan dalam Pancasila dan Undang-Undang Dasar Tahun 1945.

Pendidikan Agama Hindu dalam mendukung tujuan nasional memperioritaskan peningkatkan kualitas pendidikan itu sesuai dengan paradigma pendidikan masa depan. Secara  filosofis,  pendidikan  agama  Hindu  sangat  berhubungan  dengan  landasan sikap  moral,  atau  norma  yang  berkembang  di  masyarakat  sebagai  implementasi dari penerapan ajaran agama Hindu sesuai dengan tujuan yang harus dicapai, baik secara  individu  maupun  dalam  kehidupan  sosial  kemasyarakatan.  Di  dalam menentukan  sikap  hidup  itu,  manusia  menetukan  apa  yang  menjadi pilihan hidupnya.  Penentuan  itu  didasarkan  pada  nilai  apa  yang  menjadi  tujuan  hidup mereka.  Pertimbangan  tata  nilai  yang  ikut  menentukan  sikapnya  terutama  dilihat dari  segi  baik  atau  buruk,  bermanfaat  atau  tidaknya,  benar  atau  salahnya penentuan itu. Tata nilai menurut ajaran agama Hindu adalah tata nilai yang sesuai dengan dharma. Dengan  dharma manusia dapat melihat  dengan lebih transparan hakikat tujuan hidupnya di dunia.

Referensi: Bahan Ajar Pendidikan agama Hindu untuk perguruan tinggi, 2016.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Stah Dharma Nusantara Jakarta Melaksanakan Kegiatan Pembinaan Pasraman

Kegiatan KKG dan MGMP di DKI Jakarta

Sejarah Singkat Desa Balinuraga, Kec. Way Panji, Kalianda, Lampung Selatan.