Langsung ke konten utama

Vanaprastha (catur warna)

Umat se-dharma, bahwa dalam kehidupan ini pasti ada tingkatannya, tingkatan yang ke tiga yaitu Vanaprastha (masa lepepaskan ikatan keduniawian). Oleh karena itu setelah  selesai menunaikan tugas sebagai grhasthin, hidup berumah tangga, karena usia tua dan anak-anak telah dewasa (tidak tergantung lagi kepada kedua orang tuanya), pasangan suami dan istri hendaknya memasuki masa vanaprastha, masa melepaskan ikatan keduaniawian.

Seorang vanaprasthin seperti pertapa melakujan perbuatan mulia seperti sarjama yang bijak (bijak), bersahabat, berbicara manis dan menyenangkan, melakukan berbagai sadhana, latihan kerohanian dab berbagai bentuk vrata (pengekangan diri) seperti monabrara (mengakang diri untuk waktu tertentu tidak berbicara) dan sebagainya.

Pertapa melakukan Monabrata

Un-madita mauneyena
vetan a tasthima vayam

Rg Veda X. 136. 3

Artinya
Kami berbahagia luar biasa, dengan melaksanakan Monabrata (diam/penyepian diri) dan sekarang kami telah menjadi ringan bagaikan angin.

Ulasan
Bahwa dalam hidup ini pasti sudah ada yang mengaturnya sehingga umat manusia tinggal memilih mana yang akan dijalaninya. Oleh karena itu dalam menjalani hidup ini justru yang kurang paham harus ngapain dulu dan sebagainya.

Dengan telah berakhirnya masa grhastha dimana kewajiban terhadap putra-putrinya sudah habis maka harus sedikit demi sedikit melepaskan ikatan duniawi yang masih ada. Karena kewajiban untuk putra-putrinya telah semua berumah tangga sehingga kewajibannya sudah tidak ada lagi maka masa berikutnya yaitu menuju masa Vanaprastha.

Vanaprastha merupakan masa dimana kita sudah harus meninggalkan ikatan-ikatan keduniawian untuk sering mendekatkan diri pada Hyang Widhi, karena masa ini disebut sebagai masa persiapan sebelum betul-betul meninggalkan ikatan keduniawian yang sebetulnya.

Tulisan ini oleh Aris Widodo Penyuluh Agama Hindu Wilayah Prov Banten.
Semoga bermanfaat, terimakasih telah mengunjungi blog ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peresmian dan Launching Rumah Produksi BPH: Tonggak Baru Penyiaran Hindu di Era Digital

 Jakarta, 15 Oktober 2024 – Badan Penyiaran Hindu (BPH) mencatat sejarah baru dengan meresmikan dan meluncurkan Rumah Produksi BPH, sebagai bagian dari upaya mengembangkan media penyiaran yang berlandaskan nilai-nilai agama Hindu. Kegiatan peresmian ini berlangsung khidmat di Jakarta Selatan, dihadiri oleh sejumlah tokoh agama dan pemangku kepentingan umat Hindu. Dokumentasi Acara Peresmian tersebut diawali dengan sambutan dari Dr. I Wayan Kantun Mandara, Ketua BPH dan juga tokoh terkemuka di Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Pusat. Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya keberadaan rumah produksi ini sebagai sarana untuk menyebarkan ajaran dharma melalui media yang inovatif. "Rumah Produksi BPH ini akan menjadi pusat bagi kita untuk menciptakan konten yang tidak hanya mendidik tetapi juga mampu menginspirasi umat Hindu dalam menjalankan nilai-nilai agama di tengah tantangan zaman modern," ujar Dr. I Wayan Kantun Mandara. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan sam

Karya Anugerah Mahottama Award 2024

Jakarta, 22 Oktober 2024. Dirjen Bimas Hindu Kementerian Agama Melaksanakan kegiatan Karya Anugerah Mahottama Award 2024. Dengan menghadirkan seluruh Pembimas di seluruh Indonesia, Para penyuluh Yang terdiri dari PNS, PPPK dan Penyuluh Agama Hindu Non PNS. Acara ini tidak hanya bertujuan untuk memberikan penghargaan, tetapi juga sebagai motivasi bagi kita semua, khususnya umat Hindu, untuk terus berinovasi dan berkontribusi dalam bidang agama, budaya, pendidikan, dan sosial. Saya sangat bangga melihat semangat, kreativitas, dan komitmen yang ditunjukkan oleh para penerima penghargaan tahun ini. Dokumentasi Kegiatan Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya ingin menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah berperan dalam menyelenggarakan acara ini. Keberhasilan acara Karya Anugerah Mahottama Award 2024 adalah hasil dari kerja sama dan sinergi yang luar biasa antara pemerintah, tokoh agama, dan seluruh umat Hindu. Kemudian Sekum Made Widiarta menyampaikan

Materi Tri Guna dalam Diri SMP Kelas VIII Agama Hindu

         (Dokumentasi Penyuluhan di Pura Aditya Jaya rawamangun) Manusia sejak lahir memiliki tiga sifat dasar. Ketiga sifat dasar manusia tersebut tidak dapat dipisah-pisahkan. Sifat dasar manusia yang satu dengan yang lain selalu bergejolak untuk saling mengalahkan. Sifat dasar manusia tertuang dalam kitab-kitab suci agama Hindu.  Pustaka suci Bhagavad-gītā , XVIII.40 menyatakan bahwa:  na tad asti prthivyām vā divi devesu vā punah sattvam  prakrti-jair muktam yad ebhih syāt tribhir gunaih. Artinya: Tiada makhluk yang hidup, baik di sini maupun di kalangan para deva di susunan planet yang lebih tinggi, yang bebas dari tiga sifat tersebut yang dilahirkan dari alam material. Terjemahan sloka di atas, dapat dijelaskan bahwa, setiap makhluk hidup baik manusia maupun deva tidak ada yang luput dari tri guna. Hal ini disebabkan karena setiap makhluk yang terbentuk oleh unsur material dipengaruhi oleh Tri Guna. Pustaka suci Bhagavad-gītā XVIII.60 menyatakan ba