ASN dan Nilai-nilai Dharma Negara dalam Hindu

Gambar
        ASN adalah salah suatu pekerjaan yang didambakan bagi sebagian masyarakat Indonesia. Tak terkecuali generasi muda Hindu yang turut berpartisipasi dalam mengabdi pada bangsa dan negara. Sehingga perlu untuk melampirkan tulisan ini sebagai bentuk syukur atas waranugraha dan kesempatan yang baik dalam melaksanakan karma dan bhakti sebagai manusia.        Dalam pandangan Hindu, konsep Dharma tidak hanya mencakup aspek spiritual, tetapi juga memandang kehidupan sehari-hari, termasuk dalam urusan administrasi negara. Dharma Negara, atau tata pemerintahan yang diatur oleh prinsip-prinsip moral dan etika, menjadi landasan bagi ASN (Aparatur Sipil Negara) dalam menjalankan tugas-tugas mereka. Bagaimana pandangan Hindu menggambarkan ideal ASN sebagai penerapan nilai-nilai Dharma Negara?  (Dokumen Pribadi)           Dalam tradisi Hindu, Dharma mengacu pada kewajiban moral dan etika yang mengatur perilaku individu dalam berbagai aspek kehidupan. Dharma juga mencakup konsep tata tertib dan
Percikan Dharma
Jalani Hidup Dengan Senang Hati

Umat se-dharma, dalam kehidupan ini banyak sekali rintangan yamg harus dihadapi. Untuk itu jangan dibuat pusing ambil saja yang bisa diperbuat pasti akan mendapatkan hasil juga.

Dengan menjalankan dharma hidup ini tidaklah sulit, karena Hyang Widhi selalu bersama kita. Apapun yang akan kit kerjakan selama landasannya dharma niscaya hasil yang didapatkan akan manis juga, karena dharma merupakan pondasi dasar dalam kehidupan ini.

Dimanapun kita hidup kalau selalu melaksanakan dharma niscaya tidak ada kendala yang berarti, sehingga hidup akan menjadi lebih bahagia. Hidup adalah anugrah terindah yang bisa dinikmati sehingga jalani kehidupan dengan senang hati niscaya selalu mendapatkan jalan keluar yang baik apapun situasi, kondisi kita.

Tidaklah mudah kita terlahir sebagai manusia, oleh karena itu gunakan kesempatan ini untuk berbuat yang terbaik agar apa yang sudah didepan mata ini tidak sia-sia. Demikian kehidupsn yang kita jalani ini hanya.butuh waktu yang singkat, jadi gunakan waktu yang singkat ini dengan menjalankan dharma, dharma dan dharma agar kehidupan kelak menjadi lebih baik lagi.

Aris Widodo
Penyuluh PNS Wilayah Prov. Banten.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Stah Dharma Nusantara Jakarta Melaksanakan Kegiatan Pembinaan Pasraman

Kegiatan KKG dan MGMP di DKI Jakarta

Sejarah Singkat Desa Balinuraga, Kec. Way Panji, Kalianda, Lampung Selatan.