ASN dan Nilai-nilai Dharma Negara dalam Hindu

Gambar
        ASN adalah salah suatu pekerjaan yang didambakan bagi sebagian masyarakat Indonesia. Tak terkecuali generasi muda Hindu yang turut berpartisipasi dalam mengabdi pada bangsa dan negara. Sehingga perlu untuk melampirkan tulisan ini sebagai bentuk syukur atas waranugraha dan kesempatan yang baik dalam melaksanakan karma dan bhakti sebagai manusia.        Dalam pandangan Hindu, konsep Dharma tidak hanya mencakup aspek spiritual, tetapi juga memandang kehidupan sehari-hari, termasuk dalam urusan administrasi negara. Dharma Negara, atau tata pemerintahan yang diatur oleh prinsip-prinsip moral dan etika, menjadi landasan bagi ASN (Aparatur Sipil Negara) dalam menjalankan tugas-tugas mereka. Bagaimana pandangan Hindu menggambarkan ideal ASN sebagai penerapan nilai-nilai Dharma Negara?  (Dokumen Pribadi)           Dalam tradisi Hindu, Dharma mengacu pada kewajiban moral dan etika yang mengatur perilaku individu dalam berbagai aspek kehidupan. Dharma juga mencakup konsep tata tertib dan

#Kesucian Hati

Umat se-dharma, bahwa dalam kehidupan ini kita harus mampu menyucikan hati agar apa yang dilaksanakan benar-benar di jalan Dharma. Kesucian hati menyebabkan seseorang memperoleh kebshagiaan, menghancurkan pikiran atau perbuatan jahat.

Orang yang memiliki kesucian hati akan mencapai sorga dan apabila kita brrpikiran jernih dan suci, maka kesucian akan mengelilingi kita. Kesucian hati atau hidup suci dianugrahkan sebagai sarana untuk mendekatkan diri dengan Sang Hyang Widhi Wasa atau Tuhan Yang Maha Esa.

Sucikan hatimu

Agne daksaih punihi nah

Rg. Veda IX.67.26

Artinya
Sang Hyang Agni (Tuhan Yang Maha Esa), sucikanlah kami dengan menganugrahkan pengetahuan kepada kami.

Ulasan
Bahwa dalam kehidupan ini tentu sangat dibutuhkan sesuatu yang mampu mengantarkan kita kehidupan yang lebih baik. Untuk itu hendaknya kita selalu melakukan hal-hal yang sesuai dengan terutama kesucian hati yang perlu diupayakan dengan sebaik-baiknya.

Dengan kesucian hati yang sesuai dengan norma-norma agama yang kita yakini niscaya akan mendapatkan kebahagiaan. Oleh karena itu kesucian hati sangat diperlukan dalam kehidupan agar hidup ini lebih bermakna dan punya warna yang lebih baik.

Matur suksma,
Terimakasih...
Semoga memberikan manfaat..

Tulisan ini oleh Aris Widodo Penyuluh Agama Hindu Wilayah Prov Banten


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Stah Dharma Nusantara Jakarta Melaksanakan Kegiatan Pembinaan Pasraman

Kegiatan KKG dan MGMP di DKI Jakarta

Sejarah Singkat Desa Balinuraga, Kec. Way Panji, Kalianda, Lampung Selatan.