ASN dan Nilai-nilai Dharma Negara dalam Hindu

Gambar
        ASN adalah salah suatu pekerjaan yang didambakan bagi sebagian masyarakat Indonesia. Tak terkecuali generasi muda Hindu yang turut berpartisipasi dalam mengabdi pada bangsa dan negara. Sehingga perlu untuk melampirkan tulisan ini sebagai bentuk syukur atas waranugraha dan kesempatan yang baik dalam melaksanakan karma dan bhakti sebagai manusia.        Dalam pandangan Hindu, konsep Dharma tidak hanya mencakup aspek spiritual, tetapi juga memandang kehidupan sehari-hari, termasuk dalam urusan administrasi negara. Dharma Negara, atau tata pemerintahan yang diatur oleh prinsip-prinsip moral dan etika, menjadi landasan bagi ASN (Aparatur Sipil Negara) dalam menjalankan tugas-tugas mereka. Bagaimana pandangan Hindu menggambarkan ideal ASN sebagai penerapan nilai-nilai Dharma Negara?  (Dokumen Pribadi)           Dalam tradisi Hindu, Dharma mengacu pada kewajiban moral dan etika yang mengatur perilaku individu dalam berbagai aspek kehidupan. Dharma juga mencakup konsep tata tertib dan

"Kerja Keras dan Ketekunan"

Umat se-dharma, perlu kita ketahui bahwa kerja keras dan tidak malas merupakan kewajiban dan kebajikan yang patut diusahakan dengan sunguh-sungguh. Tuhan Yang Maha Esa atau Sang Hyang Widhi Wasa hanya menyayangi mereka yang suka bekerja keras dan memiliki ketekunan, bukan mereka yang malas-malasan, gampangan dan menyepelekan segala sesuatu.

Orang yang suka bekerja keras dan memiliki ketekunan akan dapat mencapai keberhasilan. Hal ini sangat sesuai atau relevan dengan perkembangan dunia modern. Barang siapa yang tekun bekerja, tekun belajar, disiplin dan punya kualitas Sraddha yang mantap akan sukses dalam segala kehidupannya.

Demikian pula orang yang tidak mengenal lelah, tidak cepat putus asa akan memperoleh kekayaan lahir dan batin. Hyang Widhi selalu menolong orang yang suka bekerja keras.

Keberhasilan dicapai dengan ketekunan

Krtam me daksine haste
jayo me savya ahitah.
gojid bhuyasam asvajid
dhanamhayo hiranyajit.

Artinya
Ketekunan semoga ada di tangan kanan dan kekayaan ada di tangan kiri. Semoga kami mendapatkan sapi-betina, kuda, kekayaan dan emas.

Ulasan
Bahwa dengan bekerja keras kita bisa mendapatkan hasil sesuai dengan apa yang telah kita kerjakan. Kalau ingin hasil yang baik tentu harus bekerja dengan sekuat tenaga disertai dengan doa sehingga hasilnya tentu akan bermanfaat untuk keluarga dengan waranugraha Hyang Widhi.

Untuk itu hendaknya kita bekerja berdasarkan kebajikan agar hasil yang akan kita dapatkan berbuah manis dan mendapatkan kerahayuan dari Hyang Widhi. Oleh karena itu setiap langkah kita dalam melakukan kerja selalu berdasarkan dharma akan memudahkan mendapatkan sesuatu yang bisa bermanfaat dan berguna untuk kehidupan sehari-hari.

Demikian orang yang mempunyai disiplin yang kuat dan mau bekerja keras tanpa mengenal lelah niscaya Hyang Widhi akan selalu memberikan kemudahan dan pertolongan yang mereka butuhkan swaha.

Semoga memberikan manfaat.

Tulisan ini oleh Aris Widodo Penyuluh Agama Hindu Wilayah Prov Banten
Copy paste Dari grup WhatsApp

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Stah Dharma Nusantara Jakarta Melaksanakan Kegiatan Pembinaan Pasraman

Kegiatan KKG dan MGMP di DKI Jakarta

Sejarah Singkat Desa Balinuraga, Kec. Way Panji, Kalianda, Lampung Selatan.