ASN dan Nilai-nilai Dharma Negara dalam Hindu

Gambar
        ASN adalah salah suatu pekerjaan yang didambakan bagi sebagian masyarakat Indonesia. Tak terkecuali generasi muda Hindu yang turut berpartisipasi dalam mengabdi pada bangsa dan negara. Sehingga perlu untuk melampirkan tulisan ini sebagai bentuk syukur atas waranugraha dan kesempatan yang baik dalam melaksanakan karma dan bhakti sebagai manusia.        Dalam pandangan Hindu, konsep Dharma tidak hanya mencakup aspek spiritual, tetapi juga memandang kehidupan sehari-hari, termasuk dalam urusan administrasi negara. Dharma Negara, atau tata pemerintahan yang diatur oleh prinsip-prinsip moral dan etika, menjadi landasan bagi ASN (Aparatur Sipil Negara) dalam menjalankan tugas-tugas mereka. Bagaimana pandangan Hindu menggambarkan ideal ASN sebagai penerapan nilai-nilai Dharma Negara?  (Dokumen Pribadi)           Dalam tradisi Hindu, Dharma mengacu pada kewajiban moral dan etika yang mengatur perilaku individu dalam berbagai aspek kehidupan. Dharma juga mencakup konsep tata tertib dan
*Kekawin Nitisastra*
*Sargah X.1*
_lwirnikanang sinĕmbahakén ing prajā t-ingĕt-ingĕt_
_arthaka lén ikang wara wadhū sudharma linéwih_
_ring swami janggut inganira yan praṇamya siniwi_
_sang ratu tungtunging ghraṇa namaskaranta marĕka_

*Terjemahan:*
Ingatlah akan siapa yang wajib dihormati: orang kaya dan perempuan yang ternama dan baik budinya harus dihormati. Kepada suami orang menyembah sampai tangan menyentuh pada dagu. Sembah kepada raja dilakukan sampai tangan menyentuh pucuk hidung.

*Penjelasan:*
Pupuh di atas menjelaskan kepada kita agar tahu dengan siapa kita harus menaruh hormat. Misal dalam suatu pertemuan resmi atau formal, ketika bertemu dengan seseorang dengan jabatan tertentu. Tradisi ini masih sangat kentara di lingkungan kraton seperti Keraton Yogja. Bila seorang abdi dalem bertemu dengan junjungannya dia pasti akan mencakupkan tangan, apalagi bila ketemu rajanya. Sembah (cakupan tangan) yang ditujukan kepada orang kebanyakan tentu berbeda dengan yang ditujukan kepada seorang raja. Sampai sekarang pun tradisi saling mencakupkan tangan ketika bertemu dengan seseorang yang saling menghormati satu sama lain masih sering terlihat. Dan pupuh diatas menjelaskan tentang ini.


*Sargah X.2*
_pitrĕ ri madhyaning halis inĕmbah aywa malupa_
_lalata ring pangajyanira śāsananta marĕka_
_mūrdha ri sang gurunta pasangaskaran kramanika_
_pañca wélang nikang praṇama śasanéng widhi tutĕn_

*Terjemahan:*
Sembah kepada nenek moyang: sampai ke dahi, antara kening. Sembah kepada Guru yang membuka pikiranmu: sampai ke kepala. Ketahuilah ilmu sembah yang diwajibkan itu; kerjakanlah dengan tertib.

*Penjelasan:*
Pupuh di atas menjelaskan bagaimana dan mengapa kita harus melaksanakan sembah kepada leluhur atau pun guru-guru kita (para Dewata juga termasuk Guru). Sembah ini bukan hanya dalam artian sekala, tetapi juga niskala. Jika sembah itu ditujukan untuk menghormati unsur-unsur Bhuta maka sembahnya berada di puser dan menghadap ke bawah. Jika sembahnya kepada sesama manusia maka seperti saat menghaturkan salam panganjali yaitu cakupan tangan di depan dada. Jika sembah ditujukan kepada para leluhur maka sembahnya sampai pada kening. Jika sembah ditujukan kepada para Dewa maka sampai di kepala. Para guru yang membuka pikiran kita dengan pengetahuan juga layaknya para Dewa, karena itu patut disembah.
Tulisan by Agus Widodo Penyuluh Agama Hindu Wilayah Jawa Barat
Copy paste Dari grup WhatsApp

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Stah Dharma Nusantara Jakarta Melaksanakan Kegiatan Pembinaan Pasraman

Kegiatan KKG dan MGMP di DKI Jakarta

Sejarah Singkat Desa Balinuraga, Kec. Way Panji, Kalianda, Lampung Selatan.