ASN dan Nilai-nilai Dharma Negara dalam Hindu

Gambar
        ASN adalah salah suatu pekerjaan yang didambakan bagi sebagian masyarakat Indonesia. Tak terkecuali generasi muda Hindu yang turut berpartisipasi dalam mengabdi pada bangsa dan negara. Sehingga perlu untuk melampirkan tulisan ini sebagai bentuk syukur atas waranugraha dan kesempatan yang baik dalam melaksanakan karma dan bhakti sebagai manusia.        Dalam pandangan Hindu, konsep Dharma tidak hanya mencakup aspek spiritual, tetapi juga memandang kehidupan sehari-hari, termasuk dalam urusan administrasi negara. Dharma Negara, atau tata pemerintahan yang diatur oleh prinsip-prinsip moral dan etika, menjadi landasan bagi ASN (Aparatur Sipil Negara) dalam menjalankan tugas-tugas mereka. Bagaimana pandangan Hindu menggambarkan ideal ASN sebagai penerapan nilai-nilai Dharma Negara?  (Dokumen Pribadi)           Dalam tradisi Hindu, Dharma mengacu pada kewajiban moral dan etika yang mengatur perilaku individu dalam berbagai aspek kehidupan. Dharma juga mencakup konsep tata tertib dan

#Kegembiraan

Umat ae-dharma, dalam kehidupan selalu saja rasa gembira yang dijalaninya dalam hidup ini tentu membuat kita akan bahagia. Dalam melakukan aktivitas kerohanian seseorang mencapai kegembiraan.

Kegembiraan hendaknya  senantiasa terwujud, sebab satu langkah ke depab dari kegembiraan. Hendaknya setiap orang mengikuti orang yang riang gembira, sebab bila kegembiraan dapat diwujudkan, maka kemakmuranpun dapat diwujudkan.

Bergembiralah untuk kemakmuran

Svastida manasa madayasva
arvacino revate saubhagaya

Rh Veda X. 116. 2

Artinya
Dewata yang mendorong untuk berbuat baik, berbahagilah dan datanglah kepada kami untuk kemakmuran dan keberuntungan yang baik.

Ulasan
Bahwa sebenarnya dalam hidup ini sudah ada yang mengaturnya, tinggal bagaimana umat manusia berusaha agar kehidupannya dapat sejahtera dan bahagia. Dengan berbuat baik tentunya kita akan mendapatkan kemudahan dalam hidupnya sehingga perbanyal berbuat kebaikan tersebut.

Dengan berbuat baik dan selalu dekat dengan Tuhan niscaya kehidupan ini menjadi lebih nyata dan mampu dibuktikan dengam sendirinya. Oleh karena itu hendaknya jangan henti-henti berbuat kebaikan agar selalu dapat kelimpahan kemakmuran dan keberuntungan.

Tulisan ini oleh Aris Widodo Penyuluh Agama Hindu Wilayah Prov Banten
Terimakasih telah mengunjungi blog ini, semoga memberikan manfaat..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Stah Dharma Nusantara Jakarta Melaksanakan Kegiatan Pembinaan Pasraman

Kegiatan KKG dan MGMP di DKI Jakarta

Sejarah Singkat Desa Balinuraga, Kec. Way Panji, Kalianda, Lampung Selatan.