ASN dan Nilai-nilai Dharma Negara dalam Hindu

Gambar
        ASN adalah salah suatu pekerjaan yang didambakan bagi sebagian masyarakat Indonesia. Tak terkecuali generasi muda Hindu yang turut berpartisipasi dalam mengabdi pada bangsa dan negara. Sehingga perlu untuk melampirkan tulisan ini sebagai bentuk syukur atas waranugraha dan kesempatan yang baik dalam melaksanakan karma dan bhakti sebagai manusia.        Dalam pandangan Hindu, konsep Dharma tidak hanya mencakup aspek spiritual, tetapi juga memandang kehidupan sehari-hari, termasuk dalam urusan administrasi negara. Dharma Negara, atau tata pemerintahan yang diatur oleh prinsip-prinsip moral dan etika, menjadi landasan bagi ASN (Aparatur Sipil Negara) dalam menjalankan tugas-tugas mereka. Bagaimana pandangan Hindu menggambarkan ideal ASN sebagai penerapan nilai-nilai Dharma Negara?  (Dokumen Pribadi)           Dalam tradisi Hindu, Dharma mengacu pada kewajiban moral dan etika yang mengatur perilaku individu dalam berbagai aspek kehidupan. Dharma juga mencakup konsep tata tertib dan

Bimtek Penyuluh Agama Hindu Provinsi DKI Jakarta

Jakarta 29 September 2023.
Dr. Ida Made Pidada memberikan sambutan sekaligus membuka acara Bimtek Penyuluh Agama Hindu DKI Jakarta.
Secara kinerja, penyuluh bekerja di ruang sunyi, tidak banyak bicara namun banyak bergerak melakukan kegiatan pembinaan umat. Oleh karena itu harus terjadi peningkatan dalam sinergitas untuk mendapatkan hasil pembinaan yang efektif. Secara kinerja memang penyuluh lebih banyak berapa di lapangan untuk melakukan pembinaan. Mengajak para penyuluh untuk memperbaiki sistem kerja. 
                          (Sambutan Kasubdit Penyuluh Agama Hindu)
Sambutan dan laporan Pembimas Hindu DKI Jakarta Bapak I Putu Jaya Adnyana, mengapresiasi kekompakan para penyuluh agama Hindu yang terdiri dari 27 penyuluh agama Hindu Non PNS, kemudian 2 Penyuluh Agama Hindu PPPK dan 3 Penyuluh Agama Hindu PNS. Dalam laporannya beliau menegaskan bahwa pembimas Hindu membangun sinergi dengan PHDI DKI Jakarta dan wilayah, serta SDHD Jakarta Raya untuk meningkatkan pembinaan umat. Melalui kegiatan Bimtek Penyuluh Agama Hindu Provinsi DKI Jakarta agar penyuluh menjadi penyuluh agama Hindu yang kreatif dan inovatif untuk mempersiapkan diri dan menyiapkan solusi dalam menghadapi problema dan dinamika perkembangan IPTEK dan Perubahan Zaman.
                        (Sambutan Pembimas Hindu DKI Jakarta)
Sambutan SDHD Jakarta Raya Bapak I Made Sudarta menegaskan bahwa penyuluh agama Hindu merupan garda terdepan bagi kementerian agama. Penyuluh hadir untuk memberikan bimbingan penyuluhan kepada umat Hindu di DKI Jakarta yang notabene adalah hoterogen. Oleh karena itu sinergi yang disampaikan oleh pembimas perlu menjadi landasan demi mendapatkan hasil pembinaan yang efektif bagi umat Hindu di DKI Jakarta.
                            (Sambutan Ketua SDHD Jakarta Raya)
Sambutan PHDI DKI Jakarta yang diwakilkan oleh Pinandita Tuari dimana beliau menyampaikan pesan dari ketua PHDI DKI Jakarta yaitu Bapak IB Yudi Arnawa yang menekan bahwa sebelum melakukan penyuluhan kepada umat atau warga binaan, hendaknya penyuluh melakukan penyuluhan. kedalam diri dahulu. sebagai tanggung jawab untuk mempelajari dan mendalami ajaran agama Hindu. Hal ini berarti bahwa penyuluh harus menjadi panutan bagi umat yang dibina serta sebagai sumber informasi dan konfirmasi ajaran agama Hindu.
                                  (Peserta Penyuluh Agama Hindu)
Demikian kegiatan kelompok kerja penyuluh agama Hindu di DKI Jakarta berupaya untuk meningkatkan pembinaan dengan cara membangun sinergi dengan lembaga keumatan seperti Pembimas, PHDI dan SDHD Jakarta Raya di wilayah DKI Jakarta. Kegiatan ini dilakukan di pura Mustika Dharma Cijantung.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Stah Dharma Nusantara Jakarta Melaksanakan Kegiatan Pembinaan Pasraman

Kegiatan KKG dan MGMP di DKI Jakarta

Sejarah Singkat Desa Balinuraga, Kec. Way Panji, Kalianda, Lampung Selatan.